Selasa, 10 Juli 2018

Pulau Madura

PULAU MADURA



Assalamualaikum wr.wb
 
hallo teman...jumpa lagi di fifi's blog,kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang pulau madura.madura terletak di provinsi jawa timur namun berbeda pulau,namun pulau ini dekat dengan surabaya yang dihubungkan oleh jembatan suramadu(subaya-madura).madura terdiri dari 4 kabuten,diantaranya:pamekasan,sampang,bangkalan,dan sumenep.namun disini saya akan menceritakan tentang kabupaten pamekasan.kabupaten pamekasan mempunyai banyak budaya,makanan khas,serta ciri khas yang bermacam-macam.

BUDAYA KABUPATEN PAMEKASAN




Karapan Sapi

selain keris,ada kerapan sapi yang sangat terkenal di nusantara.Tentunya nama Kerapan Sapi tidak asing lagi di telinga kita. Kerapan Sapi merupakan sebuah tradisi yang dipatenkan sebagai tradisi orang Madura. Kerapan Sapi ini merupakan balapan yang terdiri dari dua ekor sapi dan satu joki. Kerapan sapi ini biasanya setiap bulan bahkan setiap minggu dilaksanankan. Akan tetapi ajang bergengsi dari Kerapan Sapi ini biasanya diperingati setiap satu tahun sekali. Ajang ini disebut ajang bergengsi karena memperebutkan Piala Presiden. Ajang bergengsi ini biasanya diselenggarakan di Stadion Hadiwidjojo yang berada di daerah Lawangan Daya. Mayoritas penonoton Kerapan sapi ini adalah laki-laki. Biasanya kerapan sapi ini dimulai dari pagi sampai sore hari.tradisi yang lain selain kerapan sapi adalah sapeh sonok.sapeh sonok ini biasanya di laksanakan setiap tahunnya di karesidenan tepat sebelah jantung hati pamekasan.berbeda dengan kerapan sapi,kalau sapeh sonok dalam dandanannya yang heboh.disini sapi di dandani dengan berbagai macam berbagai atribut agar sapi terlihat cantik dan menarik.selanjutnya akan dilakukan penilaian terhadap sapi-sapi tersebut.sapi yang paling cantik itulah pemenangnya.setelah acara ini selesai,pada malam harinya diadakan acara yang dianggap sakral yaitu "semalam dimadura" yang dilaksanakan di arek lancor.acara ini memperkenalkan kesenian yang ada di madura khususnya daerah pamekasan,diantaranya seni tari,sni musik,seni suara dan lain-lain.acara ini sangat ramai,hampir penduduk pamekasan nonton acara ini,akan tetapi hanya para tamu undangan saja yang boleh masuk,yang tidak memiliki undangan hanya dapat melihat di luar saja.namun jangan khawatir acara ini sangat seru dan pasti membuat orang ketagihan buat nonton kembali acara ini.


Makanan Khas Kabupaten Pamekasan
Sate Ayam Madura
makanan khas yang paling terkenal di nusantara yaitu sate lala',yang biasa di santap dengan lontong di lengkapi dengan bumbu kacan yang aromanya sangat lezat dan rasanyapun juga begitu,dan ukuran sate ini sangat kecil,serta kamu bisa menemukan di jalan niaga.Nase’ Jhajhan menjadi salah satu ciri khas Pamekasan selain ” sate lala’ ” dan ” soto Pamekasan “, nama ” Nase’ Jhajhan ” di ambil dari susunan menu yang disajikan di dalam nasi yang di bungkus dengan daun pisang.kekhasan ” Nase’ Jhajhan ” terletak pada menu lauknya yang beraneka ragan dan di bungkus daun pisang sehingga aroma dan rasanya tidak berubah walaupun dibawa sebagai bekal perjalanan ke luarkota. Lauk dari ” Nase’ Jhajhan ” terdiri dari daging bumbu yang gurih,  telur kuah petis, dendeng serudeng dan ditambah lagi sambal pedas. Perpaduan rasanya semakin menambah selera yang menikmati.

Ciri Khas Kabupaten Pamekasan
Barik Madura

Ciri khas nya orang pamekasan yaitu batik tulis.apabila baekunjung ke pamekasan kalian akan menemukan lukisan batik tulis di setiap pohon yang merupakan hasil karya dari pelajar.Batik tulis Pamekasan di Madura merupakan batik dengan motif yang unik dan melegenda. Desa Klampar di Kecamatan Propo, telah menjadi sentral perkampungan batik sejak dulu. Mari intip pembuatan batik tulis di sana.Keunikan batik Pamekasan Madura terletak pada warnanya, yang sebagian besar berwarna merah terang dalam motif bunga atau daun. Warna klasik ini telah menjadi tren warna batik tulis Klampar Madura yang sangat melegenda.Sebuah desa di pinggir Kota Pamekasan, yaitu Desa Klampar, memiliki kegiatan kehidupan membatik bagi sebagian besar para wanita selain bertani. Membatik adalah sebuah kegiatan produktif yang mewarnai dusun ini.Kegiatan membatik merupakan pemandangan yang menjadi daya tarik desa ini. Tidak heran jika Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan menetapkan Desa Klampar sebagai Kampung Wisata Batik di Madura.apabila kamu berkunjung ke madura,mohon sempatkanlah mampir di suramadu,disana kalian akan menemukan banyak soufenir khas madura serta batik tulis juga,jangan khawatir harganya sangatlah terjangkau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan dan Keunggulan Jurusan Manajeman

Jurusan Manajemen memang sangat diminati di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Menurut data di Perguruan Tinggi Negeri, ...