Jurusan Manajemen memang sangat diminati di berbagai
perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Menurut data di Perguruan
Tinggi Negeri, peminat Manajemen mencapai 1354 peminat dari 49 kursi di
PTN tersebut.
Hal ini karena lulusan Manajemen banyak dibutuhkan
didunia kerja. Lulusan Manajemen banyak diproyeksikan sebagai staff
administrasi bahkan hingga sampai manajer di bidang tertentu. Selain
itu, dengan skill yang telah didapatkan, lulusan Manajemen juga bisa
dapat berwirausaha dengan mandiri.
MANAJEMEN ITU TIDAK ADA HITUNG-HITUNGAN?
Pernah kepikiran seperti ini? Ya, apabila kita melihat materi manajemen
di SMA, memang hanya berupa teori-teori saja. Ternyata anggapan ini
salah loh? Nah.. Kita kan ga pinter hitung-hitungan! Tenang
Hitung-hitungan di Manajemen tidak serumit di Eksaks loh!
Di Manajemen ada dua alat analisis yang dipakai, yakni
Analisis Kualitatif dan Kuantitatif. Bedanya Analisis Kualitatif dengan
menggunakan observasi langsung, sedangkan Analisis Kuantitatif
menggunakan metode perhitungan. Manajemen banyak menggunakan Analisis
Kunatitatif untuk dapat menganalisa gejala manajemen.
SPESIALISASI MANAJEMEN
Dalam Jurusan Manajemen di Perguruan Tinggi ada 4 spesialisasi, yakni
Manajemen Keunagan, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, dan Manajemen
Operasional. Untuk Manajemen Operasional hanya beberapa Perguruan Tinggi
yang menyelenggarakan.
Manajemen Keuangan
Seperti
diketahui Manajemen Keungan mendasari kemampuan dalam mengatur keuangan
perusahaan. Orang-orang yang memiliki spesialisasi Keuangan bertugas
menganalisa laporan-laporan keuangan dari bagian Akuntansi di suatu
perusahaan. Dari laporan ini, Orang-orang spesialisasi Keuangan dapat
menganalisa Kesehatan Keuangan Perusahaan dan menetapkan strategi
Keuangan. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi
Manajer Keuangan
Manajemen Pemasaran
Orang-orang yang memiliki spesialisasi pemasaran dapat menganalisa
riset-riset pemasaran dan teknis pemsaran itu sendiri, serta dapat
menetapkan langkah apa yang akan diambil untuk dapat meningkatkan dan
mempertahankan produknya, serta dapat menguasai pasar. Spesialisasi ini
dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Pemasaran
Manajemen SDM
Spesialisasi
Manajemen SDM atau juga sering disebut Manajemen Personalia membekali
para peminatnya dalam mengembangkan Litbang SDM di perusahaan.
Orang-orang yang memiliki spesialisasi ini harus dapat mengembangkan
produktivitas, pemberdayaan personalia, dan kepuasan kerja karyawannya.
Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer
Personalia.
Manajemen Operasional
Spesialisasi Manajemen Operasional dapat membekali peminatnya handal
dalam mengelola standarisasi mutu, gambaran proyek, serta perancangan
dan pengembangan produk. Spesialisasi Manajemen Operasional di perguruan
tinggi masih jarang dan hanya ditemui di Perguruan Tinggi yang besar
saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar